Bicara persoalan kedekatan dengan seorang teman, sahabat bahkan pacar sekalipun dalam konteks hubungan pribadi tentunya pasti akan banyak menghadapi permasalahan yang mengedepankan ego pada setiap individunya perbedaan karakter ini sangat sulit  untuk cepat beradaptasi, agar lebih jelasnya mari kita kenali  4 kepribadian yang sering di kait-kaitkan dengan sifat seseorang secara kontekstual,
Yang pertama, kata Florence adalah tipe kepribadian Sanguinis, “Yang Populer”. Mereka yang memiliki karakter ini cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Mereka senang sekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan, dan beberapa saat kemudian ia bisa jadi menangis tersedu-sedu.
tipe kepribadian kedua, yang sering disebut karakter melankoli, artinya “Yang Sempurna”. Karakter manusia golongan ini sangat berseberangan dengan tipe sanguinis. Sifat dasarnya cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya manusia dengan tipe kepribadian ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun manusia melankoli cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan sudah secara mendalam.
Tipe Ketiga, adalah manusia Koleris, artinya “Yang Kuat”.  Mereka dengan tipe kepribadian ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang, bahkan orang tuanya sekalipun. Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan tamu pun bisa saja ia suruh melalukan sesuatu untuknya.
Akibat sifatnya yang `bossy’  itu, banyak orang koleris kurang disenangi teman. Orang-orang berusaha menghindar, menjauh agar tak jadi korban karakternya yang suka ngatur dan tak mau kalah itu.
keempat, Phlegmatis,  sang “Pecinta Damai”. Kelompok ini tak suka konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri nggak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya nggak terus berkepanjangan.
Kaum dengan karakter phlegmatis ini, biasanya kurang bersemangat, kurang teratur dan tampak serba dingin. Cenderung diam, kalem, tapi kalau memecahkan masalah umumnya akan sangat menyenangkan.
Nah itu beberapa contoh sifat manusia yang pastinya akan kita bahas satu persatu secara mendalam disini karena karakter ini tidak akan tidak mungkin di miliki teman anda, pacar ataupun sahabat mengingat mahasiswa adapula saat masa-masa baru masuk kos atau asrama pastinya kan merasa canggung mulai sekarang kenali karakter sahabatmu agar kamu pun tak mengedepankan egomu,
Tipe manusia yang memiliki sifat  sanguinis  memiliki kelemahan yaitu sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek’, dan hidupnya serba tak beratur.
Dapat di contohkan disini jika seseorang yang memiliki kesibukan akademik dan non akademik jika di padupadankan maka tak jarang ia akan timbul perasaan ingin bermalas-malasan agar dia bisa membayar kesibukannya di hari kemarin sehingga tak jarang ia bisa melupakan hal kecil yang sudah menjadi target untuk di kerjakan,  dan sangat sulit jika ia di tuntut untuk menjadi orang yang disiplin untuk menghargai waktu.
Tipe manusia yang melankoli atau yang sering di kenal orang yang ingin semuanya serba sempurna ini tidak bisa di sepelekan teman yang memiliki karakter ini terkesan rapi, dan tak ingin ada yang mengganggu apa yang sudah menjadi konsepnya, atau contoh kecilnya jika di kamar dia akan sangat menjaga barang-barang pribadinya dan dia akan marah jika ada orang yang merusaknya ataupun meminjam tanpa izin, (ayoo hati-hati dengan orang ini agar tidak tersinggung, jika kamu merasa belajarlah berubah J
Tipe manusia korelis ini meskipun dasarnya menyebalkan namun  ada sifat yang mungkin ini layak untuk di jadikan motivasi   ia senang dengan tantangan dan suka petualangan . Baginya tak ada istilah tidak mungkin, Karena itu mereka terlihat “goal oriented”, tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu..Namun hal yang tak begitu baik dari sifatnya ini adalah dia akan merasa dia terhebat dan akan berfikir tanpa saya tak akan bisa, hal ini adlah kelemahan seseorang untuk maju karena sifat congkaknya.

Tipe yang ke empat di kenal dengan karakter orang yang lebih tepatnya legowo, dia akan menjadi pendengar setia dan terkesan selalu menunda-nunda jika ia di pasrahi suatu tugas. Tidak banyak tentang tipe ini karena jika di sandingkan dengan tipe sanguinis maka jika ada perkumpulan pastilah yang menjadi pendengar adalah Phlegmatis dan yang menjadi orang suka bicara itu adalah sanguinis, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa kakak-kakak terapkan di keseharianya,, J semangat. (Gadis fajar)