World Book Day yang terlupakan 

Apa yang kamu fikirkan jika ada buku di depanmu? ingin lekas membaca atau bergidik dan bosan? sebagian orang hanya dengan melihat sampul buku saja  terkadang sudah malas untuk membukanya,apalagi membacanya terlebih buku yang hanya berisi huruf tanpa spasi pasti bosan dan pesimis untuk membaca buku itu sudah terbesit di benak kit benar bukan ?

Hal yang sangat wajar terjadi  karena minat membaca setiap orang yang berbeda, namun pernahkah terbesit dibenak kita untuk mengetahui kapan sih awal mula buku itu ada?? Siapa pembuat buku pertama kali?? Oke kita akan ulas semua agar tak membuat penasaran, Karen penasaran akan membuat kita gelisah susah tidur,  bahkan susah makan, hehe eeh lebay banget jadi tidak ada bedanya itu penasaran atau sedang kangker (kantong kering) di tanggal tua
oke jika kita membaca buku mungkin yang terpenting bagi  kita adalah tau siapa pengarangnya, siapa penerbitnya dan apa judulnya kan.nah  Hal yang selalu kita perhatikan petama kali saat mencari atau memulai membaca buku adalah dengan melihat synopsis buku tersebut karena synopsis menggambarkan cuplikan isi dari  buku tersebut, tidak itu saja ternyata design grafis sampul juga sangat mempengaruhi minat para pembaca kita harus setujui itu karena menarik tidaknya isi dari sebuah buku adalah bagaimana cover dan culikan isi nya bukan??
Buku merupakan jendela ilmu, siapapun membutuhkan buku pada umumnya dan banyak menjadi literasi bagi para pemuisi bahkan peneliti pada khususnya, buku yang terdiri dari lembaran-lembaran kertas bermakna yang sangat dibutuhkan sejak dulu hingga sekarang namun tidak banyak orang tau tentang kapan dan siapa pembuat buku untuk pertama kali yang diakui oleh dunia.
Banyak sumber mengatakan tentang sejarah buku dan hari ini tepat 23 april  merupakan  moment bersejarah tersebut, pembuatan buku pertama kali oleh penjual buku di spanyol pria itu bernama Miguel de Cervantes pada tanggal 23 April tahun 1923 dia merupakan salah satu penjual buku yang membuat buku pertama waktu itu, sehingga untuk menghormati penulis pada tahun 1995 UNESO memutuskan bahwa World Book Day atau Hari buku sedunia dan hari Hak cipta sedunia yang dirayakan pada tanggal 23 April 1995 untuk pertama kalinya.
 nah sekarang sudah tau kan kapan pertama kali buku itu dibuat dan dikembangkan dan di tanggal itu pula perpustakaan dunia memperingati World Book Day. Walaupun demikian perayaan hari buku sedunia ini berbeda di berbagai Negara.